Selasa, 26 Agustus 2008

Bermain Teater Lagi


Mimpi untuk mementaskan pertunjukan teater di kota Enrekang akhirnya dapat terwujud. Adalah Macca Community Theatre (MCT) yang berani dan nekat melakukan ini. Pada pementasan perdananya yang berlangsung selama dua malam, Sabtu dan Minggu 23-34 Agustus itu, MCT mengangkat naskah " Ketika Ratu Sakit " karya Pierre Fourre.

Walapun perdana dan aktornya juga anak SMA yang baru belajar teater, tapi semangat mereka (Dian,Eva,niken,Vicka,Fitri) dibantu Fadli "Bumi" membuat pementasan ini berjalan dengan baik dan mendapat apresiasi yang cukup baik dikalangan sekolah.
Teater adalah barang baru di Enrekang. Perhatian pemerintah terhadap perkembangan seni khususnya seni teater hampir tidak ada. Belum lagi Gedung Natiromata yang dipakai untuk pementasan, tidak layak disebut gedung pertunjukan. Selama ini, gedung yang satu-satunya gedung terbesar selain gedung Dharma Wanita itu banyak dipakai untuk kegiatan Bulu Tangkis dan Tenis Meja. Dan setelah pementasan, apakah kehidupan perteateran dikalangan siswa dapat Eksis ?

Kalau melihat respon sekolah terhadap pengembangan diri anak didiknya dibidang seni teater, kemungkinan untuk eksis ada. Dari tiga sekolah yang kami tanya, SMU Negeri 1, SMU Muhammadiyah dan SMK PGRI, semuanya menginginkan ada ekskul teater disekolahnya. Namun persoalan mereka hampir sama. Tidak ada orang yang dapat membimbing mereka. Ya, persoalan pembimbing. Selama ini yang pernah menggeluti dunia teater di Enrekang hanya segelintir orang, itupun sudah pada udzur dan yang mau kembali untuk menghidupkan teater hanya Pak Eli saja. Pak Eli yang dulu menjadi pembina Sanggar Merah Putih saat masih Dinas di Penerangan Dulu. Selain itu, hanya ada Saya, Kak Tamar yang lulusan STSI Bandung. Lainnya itu, Entah kemana rimbanya.

Tapi biarlah waktu yang bicara merubah semua itu, saya yakin dengan komposisi yang ada saat ini, MCT sudah membuat fondasi untuk menghidupkan lagi dunia seni khususnya dunia teater di Bumi Massenrempulu. Semoga perhatian pemerintah juga ada untuk merespon kehidupan berkesenian anak muda Massenrempulu. Amiiiiiiiiiiin.

1 komentar:

Suriani mengatakan...

Assalaum Alaikum,

Mari bergabung dengan milis Enrekang di Yahoo:

http://asia.groups.yahoo.com/group/massenrempulu-tondekan/

pada salamaki