Kamis, 28 Oktober 2010

Lewat Foto Untuk Berkarya.

Acara Pesta Adat yang biasanya digelar untuk mengungkapan kesyukuran atas Limpahan hasil bumi yang diberikan Sang Pencipta dibeberapa tempat di Enrekang masih di gelar. Terakhir, Acara Pesta Adat di gelar Desa Limbuang, Kecamatan Maiwa.

Beberapa Desa yang juga biasa mengadakan acara Pesta Adat yakni Pasang, Matakali, Banua, dan Kaluppini. Biasanya pesta adat digelar tiap tahunnya. Khusus di Kaluppini, pesta adat digelar setiap delapan tahun sekali.

Ritual yang dilakukan dalam pesta adat itupun hampir sama dengan yang dilakukan dalam pesta adat yang dilakukan suku-suku bugis pada umumnya. Biasanya juga dalam pesta adat itu ada prosesi penyucian benda-benda pusaka.

Pemerintah Kabupaten Enrekang, khususnya, selalu berusaha memberikan apresiasi dan tetap mendukung upaya-upaya pelestarian budaya seperti itu.

Upaya mendukung pelestarian budaya itu juga dilakukan teman-teman yang tergabung dalam Komunitas Photography Massenrempulu (Kopy Maspul) lewat foto. Foto hasil jepretan selain jadi Dokumentasi, juga banyak diupload ke situs-situs foto yang fotografi dan Facebook.

Kopy Maspul yang umurnya baru seumur jagung ini terus berupaya berkarya. Mudah-mudahan lewat foto banyak hal positif yang bisa dilakukan. Bravo !!!!!

Tidak ada komentar: