Senin, 13 Agustus 2007

Merdeka

kemarin habis ngobrol dengan dosen. Kebetulan dia mampir lihat-lihat instalasi yang aku buat ma teman. "ni maksudnya apa ?" kata Dosen itu. Aku bilang tuk merayakan kemerdekaan pak, jawabku iseng.
"merdeka ? emang kamu sudah merasa merdeka ?" tanyanya. Saya sendiri tidak belum merasa merdeka. Beberapa hari lalu saya beli kaset lama iwan fals, saya renungkan syairnya, ternyata apa yang dikatakan iwan tahun 70an lalu sampai sekarang masih sama. Kondisi kita belum berubah. Mana kemerdekaan kita ?


Paling tidak merayakan kemerdekaan akademik dikampus kita, kata saya. sekarang ini saya tidak merasakan lagi kehangatan kampus seperti dulu. Kita masuk dalam kondisi purba, Datang, duduk, diam dikelas dan ketemu dosen yang cara ngajarnya terlalu seremonial. tidak ada lagi debat dikelas karena dosen lebih baik memberi imla, dan nyatat.
"Tapi dikampus ini, saya termasuk orang yang tak mau ikut arus, kalo ada yang saya lihat ga bener, saya ungkapin, saya tidak peduli dengan konsekwensi jika saya dikeluarkan nanti, dari dulu saya seperti itu," katanya serius menerangkan.
Ah........... semoga aja bener deh pak. semoga juga mahasiswa dapat pintar oleh anda-anda. dan semoga kita bisa merdeka bersama. Hidup kampus ! eh hidup Indonesia.

Tidak ada komentar: